UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAMUJU

MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN

Apa itu Manajemen Sumber Daya Perairan (MSDP)?

Luas wilayah laut di Indonesia adalah 3.257.483 km². Sementara itu, luas wilayah daratan berair adalah 93.000 km². Angka ini menunjukkan betapa potensi sumber daya perairan kita sangat besar. Namun begitu, sumber daya ini masih banyak yang belum terkelola dengan baik. Ilmu manajemen sumber daya perairan mengkaji metode-metode pengelolaan sumber daya dan lingkungan perairan, juga kebijakan-kebijakan yang mendukung pemanfaatan sumber daya air dengan efisien dan memperhatikan kelestarian lingkungan.

Visi Prodi MSDP

Menghasilkan sumber daya manusia yang berkompeten dalam mengembangkan pengelolaan sumber daya perairan yang berkelanjutan berbasis Eco-design dan mengembangkan strategi terpadu berbasis masyarakat

Misi Prodi MSDP

  1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas secara akademik, berakhlak mulia, peduli lingkungan, dan berkarakter wirausaha.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan kegiatan lain yang menunjang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengelolaan sumber daya perairan yang berkelanjutan.
  3. Mengembangkan metode pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Apa yang Dipelajari?

Beberapa mata kuliah yang dikaji dalam Prodi MSDP antara lain sebagai berikut.

Biologi Perikanan

Mata kuliah Biologi Perikanan mempelajari tentang aspek-aspek biologi ikan, meliputi proses fisiologi, reproduksi dan seksualitas, pertumbuhan, kebiasaan makan, tingkah laku dan dinamika populasi ikan.

Dinamika Populasi dan Pendugaan Stok

Mata kuliah Dinamika Populasi dan Pendugaan Stok mempelajari tentang sifat keseimbangan dan dinamika yang dimiliki oleh setiap populasi ikan di perairan yang dalam keadaan tertentu bisa terganggu. Di dalam matakuliah ini menyajikan metode yang berguna untuk menilai populasi ikan dalam kekompleksan kondisi daerah tropis negara berkembang.

Ekologi Perikanan

Matakuliah Ekologi Perairan mempelajari tentang faktor-faktor ekologis dalam lingkungan perairan seperti aliran energi, siklus materi, faktor-faktor pembatas, organisasi pada taraf komunitas dan taraf populasi, jenis dan individu di dalam ekosistem, serta ekologi beberapa habitat (air tawar, laut, dan estuari), sehingga mahasiswa mampu memahami tentang konsep dasar ekologi perairan dan ekologi beberapa habitat
(tawar, laut, estuari).

Fisiologi Hewan Air

Matakuliah Fisiologi Hewan Air merupakan ilmu yang mempelajari fungsi tubuh secara normal dengan berbagai gejala yang ada pada sistem hidup serta pengaturannya atas segala fungsi dalam sistem tersebut
atau menekankan kepada proses bagaimana hewan dapat hidup dan beraktivitas. Fungsi dan struktur tubuh hewan memiliki hubungan yang sangat erat. Sehingga dalam mempelajari fungsi harus mempelajari struktur organ atau jaringan yang dimaksud.

Konservasi Sumber Daya Hayati Perairan

Mata kuliah Konservasi Sumber Daya Hayati Perairan mempelajari tentang konsep konservasi sumber daya,
keanekaragaman hayati, kriteria, fungsi, dan pemanfaatan kawasan konservasi dan pengelolaan sumberdaya hayati perairan umum, pesisir, dan laut, serta peranannya terhadap pembangunan  berkelanjutan melalui perlindungan dan pelestarian habitat dan biota perairan.

Limnologi

Limnologi adalah cabang ekologi yang mempelajari tentang sifat dan struktur dari perairan daratan.  kajiannya adalah mengungkap struktur dan fungsi hubungan antara organisme perairan darat kaitannya dengan dinamika fisika, kimia, dan biologi lingkungannya.

Bagaimana Prospek Lulusan Prodi MSDP?

Mahasiswa yang telah menyelesaikan studi pada Prodi MSDP Universitas Muhammadiyah Mamuju akan dianugerahi gelar akademik S.Pi. (sarjana perikanan) dan berpotensi untuk berkarya sebagai

  1. Manajer perusahaan bidang sumber daya air
  2. Wirausahawan hasil sumber daya perairan
  3. Peneliti masalah sumber daya perairan
  4. Konsultan manajemen sumber daya perairan