Apa Itu Peternakan

Secara sederhana, peternakan berarti usaha pemeliharaan dan pembiakan ternak. Selain sebagai masyarakat agraris, Indonesia juga dikenal sebagai masyarakat yang pola kehidupan dan ekonominya erat dengan peternakan. Potensi peternakan di Indonesia sangat tinggi. Namun begitu, pengelolaannya yang kerap kali masih bergantung pada metode tradisional dapat ditingkatkan efektivitasnya dengan metode-metode ilmiah terbaru. Prodi Peternakan hadir untuk ikut andil membangun dan meningkatkan efektivitas industri peternakan dengan mencetak generasi peternak unggul yang mampu mengombinasikan metode peternakan yang modern dengan tetap menjaga kelestarian dan keseimbangan ekosistem alam agar tercipta sistem pertanian yang integratif dan berkelanjutan.

Visi Prodi Peternakan

“Mewujudkan Prodi peternakan yang berdaya saing tinggi dengan berorientasi IPTEK berlandaskan eco-design dan nilai nilai al-Islam kemuhammadiyaan yang berkearifan lokal secara berkelanjutan.”

Misi Prodi Peternakan

  1. Mengembangkan IPTEK dibidang peternakan yang berlandaskan kearifan lokal dan potensi yang ada.
  2. Mengembangkan jiwa kewirausahaan dalam pengelolaan agribisnis peternakan diera globalisasi yang berbasis potensi lokal dengan berlandaskan ECODESIGN dan nilai nilai Al Islam kemuhammadiyaan.
  3. Mengembangkan dan membina usaha kecil dan menengah serta koperasi dibidang peternakan.
  4. Menjalin dan membina kerjasama dengan pihak luar dan institusi lain baik nasional maupun internasional.

Apa yang Dipelajari?

Beberapa mata kuliah yang akan ditemui dalam perkuliahan Prodi Peternakan Universitas Muhammadiyah Mamuju adalah sebagai berikut.

Pengantar Ilmu Peternakan

Pengantar Ilmu Peternakan adalah mata kuliah yang berusaha membangun pengetahuan dan paradigma dasar mahasiswa tentang segala hal yang bersangkutan dengan usaha beternak, seperti definisi dan asal usul ternak besar (sapi, kerbau, kuda), ternak kecil (kambing, domba, babi), ternak unggas (ayam, itik, entog, angsa), istilah-istilah ternak, karakteristik ternak, jenis ternak, bangsa ternak dan tipe ternak, kegunaan ternak sebagai sumber gizi, pupuk serta sebagai bahan industri.

Ilmu Kesehatan Ternak

Mata kuliah ini mengajarkan peran dan pengaruh kesehatan dalam kehidupan makhluk hidup, khususnya ternak. Dalam mata kuliah ini antara lain dikaji perkembangan alat reproduksi hewan jantan dan betina sebelum kelahiran (prenatal) dan setelah kelahiran (postnatal), histologi alat reproduksi jantan dan betina beserta fungsinya masing-masing, peran ilmu penyakit dan kesehatan hewan ternak pada usaha peternakan serta pencegahan dan pengendalian penyakit pada ternak.

Biokimia Ternak

Mata kuliah Biokimia Ternak merupakan salah satu mata kuliah wajib yang diberikan pada mahasiswa semester II. Mata kuliah ini diajarkan sebagai upaya membekali mahasiswa dengan pengetahuan dasar tentang kimia organik dan anorganik yang berkaitan dengan ternak, khususnya komponen nutrien yang diberikan kepada ternak.

Sosiologi Peternakan

Mata kuliah Sosiologi Peternakan adalah gabungan dari beberapa disiplin ilmu sosial seperti sosiologi, manajemen, dan ekonomi. Hal-hal yang dikaji dalam perkuliahan ini antara lain kebijakan-kebijakan pembangunan peternakan serta implikasinya terhadap pembangunan masyarakat yang berkaitan dengan usaha tersebut, serta dinamika sosial masyarakat yang berkaitan dengan usaha ternak.

Ransum Ruminansia dan Nonruminansia

Pokok kajian mata kuliah ini berkaitan dengan makanan dan nutrisi yang diberikan kepada hewan ternak. Selain itu, kajian mata kuliah ini juga berkaitan dengan sistem pencernaan, proses pencernaan, kebutuhan nutrisi ternak, serta alternatif pakan ternak ruminansia dan non ruminansia yang dapat diolah dari limbah industri pertanian.

Bagaimana Prospek Lulusannya?

Mahasiswa yang telah menyelesaikan studi di Prodi Peternakan Universitas Muhammadiyah Mamuju akan dianugerahi gelar S.Pt. (sarjana peternakan) dan berpeluang untuk berkarya sebagai

  • Manajer perusahaan/industri ternak
  • Penyuluh peternakan
  • Pengusaha peternakan