Apa itu Agribisnis?

Agribisnis adalah istilah serapan dari bahasa Inggris agribusiness. Istilah agribusiness sendiri merupakan kontraksi dari dua kata: agriculture yang berarti ‘pertanian’ dan business yang berarti ‘bisnis’. Dengan demikian, secara sederhana agribisnis dapat dipahami suatu metode pengelolaan usaha pertanian dari hulu sampai hilir rantai proses usaha tersebut.

Sejak lama Indonesia dikenal sebagai negara agraris karena lahan pertaniannya yang begitu luas. Namun begitu potensi ini rupanya masih dikelola dengan kurang efektif. Produksi lahan pertanian dan perkebunan sesungguhnya masih bisa ditingkatkan tentunya dengan penerapan sistem pertanian yang efektif dan efisien. Semua itu dapat diwujudkan dengan pemahaman dan pengaplikasian metode-metode agribisnis yang baik.

Visi Prodi Agribisnis

“Menjadi program studi yang unggul dalam pengembangan IPTEK di bidang agribisnis yang berlandaskan eco-design dan kearifan lokal malaqbiq.”

Misi Prodi Agribisnis

  1. Mengembangkan pendidikan tinggi di bidang agribisnis dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran.
  2. Mengembangkan IPTEK melalui penelitian di bidang agribisnis berbasis eco-design dan potensi lokal.
  3. Mengembangkan pemberdayaan masyarakat di bidang agribisnis secara terintegrasi dan berkelanjutan.
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama yang saling menguntungkan dengan instansi pemerintah, industri pertanian, dan lembaga pendidikan tinggi lain baik dalam maupun luar negeri.

Tujuan Penyelenggaraan

  1. Menghasilkan sarjana pertanian yang berakhlak mulia, yang memiliki kompetensi teoretik dan teknis di bidang agribisnis pertanian organik dan ramah lingkungan, serta mampu bersaing secara global.
  2. Menghasilkan karya lmiah yang dapat dipublikasikan secara nasional dan internasional serta mendukung pengembangan ilmu.
  3. Menghasilkan karya pengabdian yang dapat membantu memecahkan masalah dunia usaha dan industri yang ramah lingkungan serta berguna bagi masyarakat luas.

Apa Yang Dikaji?

Beberapa mata kuliah yang akan ditemui mahasiswa selama berkuliah di program studi ini antara lain sebagai berikut.

Pengantar Ilmu Pertanian

Sebagai bidang studi yang kajiannya mempertemukan ilmu ekonomi dan ilmu pertanian, Prodi Agribisnis juga harus memahami dasar-dasar ilmu pertanian. Pengetahuan-pengetahuan dasar ini penting untuk dikuasai agar mahasiswa memiliki paradigma yang tepat ketika mengkaji problem agribisnis dari sudut pandang ilmu pertanian.

Dasar-Dasar Ilmu Tanah

Mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu Tanah memberikan pemahaman tentang konsep tanah di bidang pertanian, seperti bahan-bahan penyusun tanah, proses pembentukan tanah, sifat dan ciri tanah (baik fisik, kimia maupun biologi tanah). Mata kuliah ini juga memberikan penjelasan tentang metode klasifikasi tanah, survei tanah dan evaluasi lahan serta lingkungan hidup, pengelolaan tanah yang baik demi produktivitas pertanian yang efisien dan berkelanjutan (sustainable).

Programa dan Penyuluhan Pertanian

Mata Kuliah ini membahas hal-hal yang berhubungan dengan penyuluhan pertanian sebagai sebuah upaya untuk membangun dan meningkatkan hasil pertanian dan sumber daya yang terlibat dalam kegiatan pertanian yang efektif dan efisien. Mata kuliah ini juga membahas prinsip-prinsip penyuluhan yang baik, kelembagaan penyuluhan yang terlibat, proses pembelajaran dalam penyuluhan, serta metode dan media penyuluhan yang tepat untuk digunakan dalam konteks tertentu.

Kewirausahaan Agribisnis

Agribisnis tentu lekat dengan aspek ekonomi dari Sistem pertanian. Lagi pula setiap hasil tani tentu Diharapkan mampu memberikan penghasilan yang baik bagi petani pengelolanya. Akan tetapi di saat ini kita tidak bisa mengandalkan metode pemasaran hasil tani biasa melainkan harus mau berkreasi untuk menciptakan brand hasil tani sendiri yang dapat dikonversikan dengan lebih baik.

Manajemen Agribisnis

Mata kuliah ini mengkaji tentang model, konsep, dan pendekatan yang digunakan ketika merancang, menyusun dan merumuskan tata laksana usaha agribisnis. Tata laksana tersebut meliputi kegiatan penyediaan dan pengelolaan sarana-prasarana produksi, usaha tani (budidaya), penangangan pascapanen, serta garis besar pemasaran produk.

Manajemen Pemasaran Agribisnis

Sebagai lanjutan dari mata kuliah Manajemen Agribisnis, kajian dalam mata kuliah ini dispesifikkan kepada metode-metode pemasaran produk agribisnis dengan efektif dan efisien. Metode ini antara lain kajian terhadap teknik pemasaran yang lampau dan kontemporer, upaya membangun kepuasan pelanggan, analisis lingkungan pemasaran, pasar konsumen, produsen, segmentasi pasar dan memilih pasar sasaran, merencanakan produk, strategi penetapan harga, merencakan promosi dan komunikasi pemasaran, strategi pemasaran, dan sistem pemasaran.

Bagaimana Prospek Lulusannya?

Lulusan program studi agribisnis Universitas Muhammadiyah Mamuju dianugerahi gelar akademik S.P. (sarjana pertanian). Prospek profesi dan bidang karya yang dapat digeluti setelah lulus antara lain

  • Wirausahawan hasil pertanian
  • Penyuluh pertanian
  • Peneliti agribisnis
  • ASN bidang pertanian